AJARAN AGAMA DAN TANTANGAN MODERASI “ANTARA ABSOLUTISME TEKS DAN MODERASI BERAGAMA”
Keywords:
Moderasi beragama, absolutisme doktrinal, teks suci, pluralisme, lintas iman, hermeneutika.Abstract
Moderasi Beragama telah muncul sebagai wacana yang krusial dalam masyarakat plural kontemporer, khususnya sebagai respons terhadap meningkatnya ekstremisme agama dan polarisasi sosial-politik. Namun demikian, penerapannya menghadapi ketegangan yang signifikan ketika berhadapan dengan absolutisme doktrinal yang tertanam dalam teks-teks suci agama-agama besar dunia. Artikel ini mengeksplorasi dialektika antara absolutisme teologis dan imperatif moderasi beragama dengan menelaah ajaran-ajaran dasar dalam lima agama besar dunia: Islam, Kristen, Yudaisme, Hindu, dan Buddha. Melalui pendekatan teologis dan hermeneutis komparatif, studi ini mengidentifikasi ajaran-ajaran fundamental yang bersifat non-negosiasi dalam masing-masing tradisi, serta menganalisis bagaimana ajaran-ajaran tersebut dapat berdampingan dengan nilai-nilai toleransi, pluralisme, dan koeksistensi damai. Temuan menunjukkan bahwa meskipun semua agama memegang inti doktrinal yang tidak berubah, masing-masing juga memiliki kerangka interpretatif yang kaya, yang memungkinkan ekspresi keberagamaan yang inklusif dan peka terhadap konteks dalam ranah publik. Artikel ini berargumen bahwa moderasi beragama tidak mengharuskan pengenceran keyakinan, melainkan membutuhkan reorientasi etis terhadap bagaimana keyakinan diwujudkan dalam masyarakat yang beragam. Studi ini memberikan kontribusi terhadap kajian lintas agama dengan menawarkan model yang bernuansa, yang merekonsiliasi kesetiaan terhadap doktrin suci dengan tuntutan pluralisme kewargaan.
Downloads
References
Ardilla, M., Triani, I. C., Wahyuni, I. L., Pare, E. T., & Tappi, P. (2023). Penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam bingkai Pendidikan agama Kristen. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN, 1(10), 3077–3091.
Dianto, I. (2021). Moderasi Beragama melalui Film Animasi: Peluang dan Tantangan pada Generasi Digital. Nalar: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 5(2), 93–108.
Halimah, S., Luthfiah, N., Harahap, S. W., Ulfa, M., Irmi, R. F., Khadna, S. F., & Khairunnisah, W. (2024). Menjaga moderasi beragama di era digital: tantangan dan strategi menghadapi teknologi. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 43–63.
Hanifatulloh, B. A. A. Y. (2021). Moderasi Pendidikan Islam dan Tantangan Masa Depan. Tsamratul Fikri| Jurnal Studi Islam, 14(2), 137.
Huda, M. T. (2021). Pengarusutamaan Moderasi Beragama; Strategi Tantangan dan Peluang FKUB Jawa Timur. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 32(2), 283–300.
Inayatillah, I. (2021). Moderasi Beragama di Kalangan Milenial Peluang, Tantangan, Kompleksitas dan Tawaran Solusi. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 7(1), 123–142.
Mubarok, A. R., & Sunarto, S. (2024). Moderasi beragama di era digital: Tantangan dan peluang. Journal of Islamic Communication Studies, 2(1), 1–11.
Subiantoro, S. (2023). Moderasi Beragama: Peran Dan Tantangan Dalam Pembelajaran Di Sekolah Di Era Digital. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 878–884.
Wulansari, A., Zidan, M., & others. (2024). Tantangan Dan Dinamika Dalam Moderasi Beragama Menuju Harmoni Sosial. Al-Ikhtiar: Jurnal Studi Islam, 1(3), 157–164.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Halis, S.Pd.,M.Pd, Risman Munanto, S.Fil.,M.Fil (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.








